Fakta Tentang Petr Cech Selama Membela Chelsea

pemain chelsea asal republik ceko
Memang saat ini Petr Cech bukan lagi pemain Chelsea. Namun, bagi para pendukung Chelsea, Petr Cech tetaplah sosok penting dalam sejarah klub. Pemain berkewarganegaraan Republik Ceko tersebut tercatat telah membela Chelsea sejak tahun 2004 sampai pertengahan tahun 2015. Dalam kurun waktu itu pula Petr Cech telah berhasil merasakan berbagai trofi dan sukses mencetak berbagai rekor atas namanya sendiri. (Baca Juga: Pemain-pemain Chelsea Asal Republik Ceko)

Dan dalam postingan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang beberapa prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Petr Cech selama membela Chesea.

Pertama | Pemain Dengan Jumlah Penampilan Terbanyak
Petr Cech mencatatkan namanya sebagai salah satu pemain Chelsea yang memiliki jumlah penampilan terbanyak dalam laga profesional. Selama membela Chelsea dari tahun 2004 s/d 2015 total Petr Cech telah membukukan 486 pertandingan dengan rincian sebagai berikut: 333 pertandingan Liga Inggris. 33 pertandingan FA Cup. 17 pertandingan Piala Liga. 103 pertandingan Eropa dan 8 pertandingan lain.
Sebagai perbandingan, Frank Lampard telah mencatatkan total 648 pertandingan, sementara Jhon Terry berhasil mencatat 696 pertandingan (per 16 Januari 2016)

Kedua | Rekor Clean Sheets
Clean Sheets merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk penjawa gawang yang berhasil menjaga gawangnya dari kemasukan gol. Nah, dalam kasus Clean Sheets ini Petr Cech secara pribadi mampu menorehkan sejumlah prestasi yang luar biasa. Berikut beberapa prestasi membanggakan Petr Cech terkait dengan Clean Sheets selama membela Chelsea. 

1. Pada musim pertamanya di Chelsea (yaitu musim 2004-2005) Petr Cech langsung membuat gebarakan dengan tampil sebagai goal keeper dengan jumlah clean sheets terbanyak dalam satu musim, yaitu 28 Clean sheets.

2. Sementara itu dimusim yang sama (2004-2005) Petr Cech juga sukses mencatatkan 24 Clean Sheets dalam satu musim Liga Inggris. Hal tersebut menjadikan dirinya sebagai kiper Liga Inggris dengan jumlah Clean Sheets terbanyak dalam satu musim Liga Inggris.

3. Petr Cech juga sukses mencatatkan namanya sebagai penjawa gawang dengan jumlah Clean Sheets terbanyak sepanjang sejarah klub Chelsea, yaitu 162 Clean Sheets. Hal tersebut ia bukukan selam membela Chelsea sejak tahun 2004 s/d 2015.

Ketiga | Penyelamatan Penalti
Petr Cech juga sukses mengukir namanya sebagai satu-satunya penjawa gawang Chelsea yang mampu menggagalkan total 12 tendangan penalti lawan dalam berbagai kompetisi, tidak terkecuali penalti Arjen Roben dalam laga Final Liga Champion saat melawan Bayern Munchen pada tahun 2012.