Kapan Aja Sih Chelsea Menjuarai Liga Inggris?

trophy liga inggris
Sebagai Fans Chelsea anda tentu tau kalau Chelsea telah menjuarai Liga Inggris sebanyak 5 kali sejauh ini. Namun, (bisa jadi) masih ada diantara kamu yang gak tau kapan sajakah Chelsea menjuarai Liga Inggris? Nah, berikut saya akan membagikan informasinya ke kamu yang nge-fans berat sama Chelsea.

Pertama | Musim 1954-1955
Chelsea pertama kali menjuarai Liga Inggris pada musim 1954-1955. Saat itu Chelsea di-arsiteki oleh Ted Drake. Musim tersebut merupakan salah satu musim tersukses bagi Chelsea. Selain menjuarai Liga Inggris, Kapten tim saat itu Roy Bantley juga berhasil mencatatkan namanya sebagai top skor dengan torehan 21 gol.
kapan aja sih chelsea menjuarai liga inggris
Ted Drake

Pada musim tersebut Chelsea saling kejar-kejaran point dengan Wolverhampton Wanderers. Dimana Wolverhampton akhirnya finis diurutan kedua dengan point 48, kalah 4 point dari Chelsea yang berhasil mengumpulkan 52 point. Diposisi ketika ditempati oleh Sunderland dan Manchester United diperingkat ke-4.

Kedua | Musim 2004-2005
50 tahun setelah trofi Liga Inggris pertama, Chelsea baru bisa menjuarainya kembali pada musim 2004-2005. Kala itu Chelsea diarsiteki oleh pelatih kawaka nasal Portugal, Jose Maourinho. Musim 2004-2005 merupakan musim perdana Maourinho di Chelsea.

Selain berhasil menjuarai Liga Inggris dimusim tersebut, Chelsea juga sukses menorehkan beberapa rekor menakjubkan, diantaranya:
  • Chelsea hanya kalah satu kali, yaitu saat bertandang kemarkas Manchester City.
  • Jhon Terry terpilih sebagai pemain Liga Inggris terbaik pilihan pemain-pemain Liga Inggris.
  • Jose Mourinho terpilih sebagai pelatih Liga Inggris terbaik musim 2004-2005.
  • Robert Huth terpilih sebagai pemain muda terbaik musim 2004-2005
  • Chelsea berhasil mengumpulkan point akhir tertinggi. Dengan total 95 poin, Chelsea menjadi satu-satunya tim Liga Inggris yang berhasil mendapatkan poin sebanyak itu.
Ketiga | Musim 2005-2006
Pada musim ini Jose Mourinho berhasil mempertahankan kembali Trofi Liga Inggris yang sukses ia raih musim sebelumnya. Hal tersebut menjadikannya sebagai pelatih Chelsea satu-satunya yang berhasil melakukan hal tersebut.

Pada musim itu Chelsea mendapatkan persaingan ketat dari Mancheseter United, Liverpool dan Arsenal, yang secara berturut-turut menempati peringkat 2,3 dan 4. Dari total 38 laga yang dijalani Chelsea, 29 diantaranya berakhir dengan kemenagan, 4 hasil seri dan 5 kali kalah.

Dimusim yang sama Chelsea berhasil memenangkan 9 pertandingan Liga Inggris secara beruntun, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Manchester United pada pekan ke-10. Selain memenangkan trofi Liga Inggris, Chelsea juga berhasil memenangkan trofi Community Shield setelah berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.

Keempat | Musim 2009-2010
Chelsea menjuarai Trofi Liga Inggris untuk keempat kalinya saat dilatih oleh pelatih asal Italia, Carlo Ancelotti. Dimusim tersebut pula Chelsea juga berhasil memenangkan trofi Piala FA. Sementara itu striker Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba, menjadi top skor Liga Inggris dengan torehan 29 gol.

Musim tersebut juga diwarnai dengan kehadiran sejumlah pemain baru di Chelsea. Diantaranya Daniel Sturridge, Ross Turnbull, Yuri Zhirkov dan Nemanja Matic. Sementara itu Didier Drogba juga berhasil mendapatkan pernghargaan sebagai Chelsea player of the year.
Carlo Ancelotti chelsea

Kelima | Musim 2014-2015
Musim ini merupakan periode ke-2 Mourinho melatih Chelsea. Periode ke-2 ini dimulai sejak musim 2013-2014. Namun dimusim perdanya tersebut Mourinho gagal mempersembahkan gelar. Barulah pada musim kedua di Chelsea, ia berhasil mempersembahkan 2 trofi sekaligus, yaitu Trofi Liga Inggris dan trofil Piala Liga Inggris.

Well, itu dia tahun-tahun dimana Chelsea berhasil memenangkan trofi Liga Inggris. Semoga bermanfaat informasinya.