Pelatih Chelsea Asal Belanda

Selain pernah diperkuat oleh pemain-pemain asal Belanda, Chelsea juga sempat tiga kali dilatih oleh seorang pelatih kepala (palatih utama) yang berasal dari Negara Belanda, Lho. Lantas siapa sajakah pelatih-pelatih berkewarganegaraan Belanda tersebut? Simak ulasan berikut ini… (Baca Juga: 13 Pemain Belanda Yang Pernah Bermain di Chelsea)

Pertama | Ruud Gullit
Pria yang saat masa mudanya ini berambut gimbal lahir di Amsterdam, Belanda. Tepatnya pada tanggal 1 September 1962. Pada tahun 1988 ia bersama dengan sejumlah lagenda sepekbola lainnya seperti Marco Van Basten dan Frank Rijkaard berhasil memenangkan Piala Eropa untuk negaranya Belanda.

Ruud Gullit tercatat telah membela Chelsea sebagai seorang pemain sejak tahun 1995 sampai tahun 1998. Pada tahun 1996 sebuah hal menarik terjadi. Saat itu Chelsea tengah diarsiteki oleh seorang pelatih asal Inggris bernama Gleen Hoddle. Namun, Gleen Hoddle ini kemudian diminta untuk melatih Timnas Inggris, yang saat itu sedang tidak memiliki seorang pelatih kepala.

Setelah melewati sejumlah musyawarah, akhirnya dengan berbagai pertimbangan, manajemen klub sepakat menunjuk Ruud Gullit sebagai pelatih sekaligus pemain. Penunjukan Ruud Guulit sebagai pelatih berbuah manis. Lewat tangan dinginnya, pada tahun 1997 ia berhasil mempesembahkan gelar Piala FA. Bagi Chelsea trofi tersebut merupakan gelar terbesar yang kembali dirasakan Chelsea setelah sempat puasa selama 26 tahun.

Selama menjadi pelatih Chelsea, ia telah membukukan total 83 pertandingan. Dimana 41 diantaranya berakhir dengan kemenangan.
pelatih chelsea asal Belanda
Kedua | Guus Hiddink
Pria yang saat ini tengah menjadi pelatih sementara Chelsea ini merupakan orang Belanda kedua yang pernah menjadi Pelatih Chelsea. Jabatan sebagai pelatih kepala Chelsea musim ini (2015-2016) yang menggantikan Jose Mourinho merupakan kali kedua baginya, setelah sebelumnya pada musim 2008-2009 ia juga berada pada situasi yang sama menggantikan pelatih asal Brazil, Luiz Felipe Scolari.
Guus Hiddink Chelsea
Pada kesempatan pertamanya menjadi pelatih Chelsea ia sukses mempersembahkan gelar Piala FA kepada Chelsea. Disamping itu, ia juga berhasil menjaga asa Chelsea untuk bisa tampil di kancah Liga Champion musim berikutnya. 

Secara keseluruhan ia tercatat sudah menghasilkan 22 penampilan pada moment pertama menjadi menejer Chelsea. Dengan rincian 16 menang, 5 seri dan 1 kali kalah. 

Well, itu dia pelatih asal Belanda yang pernah berkarir sebagai Pelatih di Stamfor Bridge, Chelsea. Dan siapakah pelatih Belanda lainnya yang bakal menyusul mereka berdua? Kita tunggu saja.