Rafael Benitez, Satu-satunya Pelatih Asal Spanyol Di Chelsea

Kali ini saya mau ngajak kamu semua -para fans Chelsea- buat ngomongin sosok luar biasa yang pernah mempersembahkan trofi Piala Europa untuk Chelsea, yaitu Rafael Benitez. Pria yang saat ini tengah berusaha keras menyelamatkan Newcestle United dari jurang degradasi -Liga Inggris- ini merupakan salah seorang pelatih yang disegani dalam kancah persepakbolaan dunia.

Rafael Benitez tercatat pernah melatih sejumlah klub besar seperti Valencia, Liverpool, Inter Milan, Napoli Real Madrid dan saat ini Newcestle United.

Di Chelsea sendiri, ia datang menggantikan Roberto Di Matteo yang dipecat pada 1/3 musim. Kehadirannya di Chelsea ternyata mampu memberikan banyak perubahan terhadap para pemain. Diantara pemain yang berhasil menunjukkan perubahan drastis pasca kedatangan Benitez adalah Fernando Torres. Tidak hanya Torres, pemain Chelsea lainnya juga ikut menunjukkan perkembangan pesat pasca sempat terpuruk diawal-awal musim. Ini terbukti lewat keberhasilan Chelsea yang pada akhirnya menjuarai Piala Eropa tahun 2013. 

Secara kuantitas, Rafael Benitez telah mencatatkan total 48 pertandingan bersama Chelsea. Dengan rincian, 28 kemenangan, 10 seri dan 10 kekalahan. Benitez akhirnya hanya menjadi pelatih Chelsea hingga akhir musim. Setelah itu posisinya kembali diambil alih oleh pelatih Chelsea asal Portugal, Jose Mourinho.
rafael benitez chelsea best coach
 

Profil Benitez
Benitez lahir di Madrid, Spanyol, pada tanggal 16 April 1960. Pada usia 26 tahun ia bergabung dengan staf kepalatihan Real Madrid. Karir kepelatihannya ia mulai dengan melatih Real Valladolid dan Osasuna. Kesuksesannya sebagai pelatih bermula saat ia menjati pelatih Valencia pada tahun 2001. Selama melatih Valencia ia telah berhasil mempersembahkan gelar La Liga sebanyak dua kali, yaitu pada musim 2001-2002 dan musim 2003-2004 serta Piala UEFA pada tahun 2003-2004.

Keberhasilannya memenangkan banyak gelar saat di Valencia lantas membawanya ke klub besar Liga Inggris, Liverpool. Selama menukangi Liverpool dari tahun 2004 s/d 2010, Benitez sukses mempersembahkan sejumlah gelar kepada The Reds. Yang paling bergengsi adalah trofi Liga Champions, yang berhasil ia raih pada musim 2004-2005. Selain itu ia juga pernah merasakan trofi Piala FA dan Community Shield. Sementara itu, diajang Liga Inggris, prestasi terbaiknya adalah ketika berhasil membawa Liverpool finish diurutan ke-2 pada musim 2008-2009.

Setelah dari Liverpool ia kemudian pindah ke Inter Milan untuk menggantikan Jose Mourinho. Di Inter ia menjadi Pelatih sampai tahun 2012. Pasca dari Inter Milan ia kemudian pindah ke Chelsea menggantian Roberto Di Matteo. Diakhir musim ia kemudian pindah ke Klub Liga Italia lainnya, Napoli. Dan setelah dari Napoli ia akhirnya dikontrak oleh raksasa Spanyol, Real Madrid. Belum menyelesaikan musim pertamanya di Madrid, ia kemudian dipecat. Pasca pemecatan di Madrid, ia kemudian diminta oleh Klub Liga Inggris, Newcastle United, untuk membantu tim keluar dari Zona Degradasi.