Mantan Pelatih Chelsea Yang Melatih Klub Liga Inggris Lain

Kabar tentang bakal ditunjuknya Jose Mourinho sebagai pelatih Manchester United musim depan kian menjadi kenyataan. Mantan pelatih Chelsea tersebut malah disebut-sebut telah menandatangani kontrak berdurasi 3 tahun untuk menukangi the red devils. 

Jika Mourinho benar-benar akan menjadi pelatih MU musim depan, maka ia akan menjadi mantan pelatih Chelsea yang ke-5 yang pernah ditunjuk menjadi pelatih tim Liga Inggris lainnya. Lantas siapa sajakah sisa 4 mantan pelatih Chelsea yang pernah melatih klub Liga Inggris? Simak ulasan berikut.


Pertama | Claudio Ranieri
Mantan pelatih Chelsea pertama yang pernah menjadi pelatih klub Liga Inggris lainnya adalah Caludio Ranieri. Pria kelahiran 20 Oktober 1951 saat ini tengah melatih Leicester City. Tahun pertamanya di Leicester City benar-benar merupakan salah satu moment terbaik sepanjang karir kepelatihannya. Klub yang musim sebelumnya harus berjuang keras keluar dari zona degradasi, malah menjadi klub yang disegani musim ini.

Di Chelsea, Ranieri mengawali karirnya sebagai pelatih pada tanggal 18 September 2000 dan berakhir pada tahun 2004, saat Jose Mourinho datang. Dimusim pertamanya menjadi pelatih the blues penampilan tim cenderung tidak konsisten. Wal hasil, diakhir musim Chelsea hanya finish diurutan ke-6. 

Selama menjadi pelatih Chelsea ia total telah mendampingi Chelsea dalam 199 pertandingan. Dimana 107 diantanya berakhir dengan kemenangan, serta masing menorehkan 46 seri dan 46 hasil kalah. Selama menjadi pelatih Chelsea ia belum berhasil membawa pulang gelar ke Stamford bridge.
claudio ranieri leicester city
Ranieri memeluk kapten Chelsea, Jhon Terry dalam salah satu laga
Kedua| Avram Grant
Pelatih asal Israel ini resmi menjadi pelatih Chelsea saat Jose Mourinho dipecat sebagai pelatih utama pada musim 2007-2008. Ia ditunjuk sebagai pelatih Chelsea hingga akhir musim. Dibawah asuhannya, Chelsea sukses menembus laga final Liga Champion meskipun kemudian mereka kalah adu penalty dengan Manchester United. Grant mencatatkan dirinya sebagai pelatih klub Inggris pertama asal Israel.

Pasca karirnya sebagai pelatih Chelsea berakhir, ia kemudian ditunjuk untuk melatih klub Liga Inggris lainnya, Portsmouth pada musim 2009-2010. Pada tanggal 20 Mei 2010, ia mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Portsmouth. Selama menjadi pelatih pompey ia total telah duduk di bench dalam 33 penampilan. 
pelatih chelsea asal israel Avram Grant

Tidak lama kemudian, atau tepatnya pada tanggal 3 Juni 2010, ia menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun dengan West Ham United. Karirnya sebagai pelatih West Ham pun tidak berlangsung lama, ia hanya menjadi pelatih the hammers sampai 16 Mei 2011. Bersama West Ham ia membukukan total 47 pertandingan.

Ketiga | Andrea Vilas Boas
Mantan pelatih Chelsea selanjutnya yang pernah menjadi pelatih klub Liga Inggris lain adalah Andre Villas Boas. Pria kelahiran Portugal, 17 Oktober 1977 ini pernah menukangi Tottenham Hotspur pada musim 2012-2013. Villas Boas ditunjuk menjadi menjadi pelatih Chelsea pada 22 Juni 2011. Laga pertamanya di Liga Inggris ia lakoni kala Chelsea ditahan imbang oleh Stoke City 0-0. 

Sementara itu, kemenangan pertama Villas bersama Chelsea ia raih saat Chelsea mengalahkan West Bromwich Albion 2-1. Karir Villas di Chelsea berakhir pada 4 Maret 2012 pasca rentetan kekalahan beruntun dan beberapa keputusan kontroversinya yang mencadangkan para pemain senior.
Andrea Vilas Boas pelatih chelsea asal portugal

Sementara itu, Karirnya sebagai pelatih Tottenham Hotspur dimulai pada 3 Juli 2012. Ia ditunjuk menjadi pelatih menggantikan Harry Redknapp. Laga perdana Villas Boas di Tottenham ia lakoni saat mereka kalah 2-1 dari Newcastle United. Sedangkan kemenangan perdanya ia raih saat mengalahkan Reading 3-1 pada tanggal 31 Sepember 2012.
Villas Boas sukses mencatatkan dirinya sebagai pelatih pertama Tottenham Hotspur yang berhasil menang di Old Trafford (markas Manchester United) setelah 23 tahun. Pada laga yang berlangsung tanggal 29 September 2012 tersebut MU kalah 2-3. Selama menjadi pelatih Tottenham ia total telah mendampingi tim dalam 80 pertandingan, dimana 44 diantaranya berakhir dengan kemenangan. 

Keempat | Refael Benitez
Pria kelahiran 16 April 1960 yang saat ini tengah berjuang keras mengeluarkan Newcestle United dari zona degradsasi ini merupakan salah satu mantan pelatih Chelsea yang pernah merasakan sebanyak 2 kali melatih klub Liga Inggris lain selain Chelsea.

Benitez mencatatkan dirinya sebagai satu-satunya pelatih didunia yang berhasil memenangkan semua trofi tertinggi dikasta Eropa. Ia tercatat pernah memenangkan Trofi Liga Champion, Trofi Piala Super Eropa, Trofi UEFA (saat menjadi pelatih Chelsea) dan FIFA Club World Cup.

Pada tanggal 21 November 2012, pasca Chelsea memecat Roberto Di Matteo, ia ditunjuk menjadi pelatih interim hingga akhir musim 2012-2013. Laga pertamanya saat melatih ia lewati saat bermain imbang 0-0 dengan Manchester City. Sementara kemenangan pertamanya bersama Chelsea ia raih saat mengaklahkan tuan rumah Sunderland 3-1 dalam lanjutan Liga Inggris. Selama melatih Chelsea ia sukses mempersembakan trofi Liga Eropa.
rafael benitez chelsea