Pemain Chelsea Asal Spanyol

Spain Flag
Status Chelsea sebagai salah satu klub terbaik dunia sudah barang tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain sepak bola untuk berkarir di Stamford Bridge. Karenanya kita gak perlu heran jika Chelsea selalu dipenuhi oleh pemain-pemain bintang yang berasal dari berbagai Negara. Salah satu Negara yang memiliki kontribusi pemain di Chelsea adalah Spanyol.

Yups, dalam sejarahnya, sampai sejauh ini, total terdapat 12 pemain asal Spanyol yang pernah -dan beberapa diantaranya masih- memperkuat Chelsea sampai sekarang. Lantas siapa sajakah ke 12 pemain Chelsea asal Spanyol tersebut? Simak ulasan berikut ini.


Pertama | Albert Ferrer
Albert Ferrer merupakan pemain Spayol pertama yang bermain di Chelsea. Ia memulai karier sebagai pemain Chelsea pada tahun 1998. Dan berakhir pada tahun 2003. Pemain kelahiran Barcelona, Spanyol, 6 Juni 1970 ini merupakan seorang pemain yang bermain diposisi bek kanan. 

Ferrer didatangkan oleh Chelsea dari raksasa Spanyol, Barcelona, dengan harga saat itu 2.2 juta poundsterling. Secara keseluruhan ia total telah mencatatkan 113 pertandingan untuk Chelsea. Bersama Chelsea ia telah merasakan trofi UEFA Super Cup pada tahun 1998.

Albert Ferrer Spanyol

Kedua | Enrique de Lucas
Pemain Spanyol berikutnya yang pernah memperkuat Chelsea adalah Enrique de Lucas. Pemain kelahiran 17 Agustus 1978 ini merupakan seorang gelandang. Kerjasamanya dengan Chelsea hanya berlangsung selama 1 musim, yaitu pada musim 2002-2003. 

Debut pertama de Lucas untuk Chelsea ia lakoni saat Chelsea mengalahkan Charlton Athletic 3-2.

Enrique de Lucasn Spanyol

Ketiga | Asier del Horno
Mantan pemain Athletic Bilbao ini diboyong ke Chelsea dengan mahar 8 juta pounsterling. Ia hanya memperkuat Chelsea selama 1 musim, yaitu pada musim 2005-2006. Selama membela Chelsea total ia telah membukukan 34 pertandingan. Sebagai seorang pemain bertahan, ia sukses menjaringkan 1 gol untuk Chelsea. Gol dimaksud ia jebloskan ke gawang Tottenham Hotspur pada laga lanjutan Liga Inggris. Bersama Chelsea ia ikut membawa tim menjuarai Liga Inggris musim 2005-2006.
Asier del Horno spanyol
 

Keempat | Fernando Torres
Pada bulan Januari 2011, Chelsea menyebutkan bahwa pihaknya telah sepakat dengan Liverpool untuk pembelian striker asal Spanyol, Fernando Torres. Torres ditebus oleh Chelsea dengan harga fantastis, yaitu 50 juta poundsterling. Harga tersebut merupakan transaksi pemain terbesar dalam sejarah Liga Inggris. 

Secara keseluruhan Torres telah bermain untuk Chelsea dalam 172 laga. Dari keseluruhan laga tersebut ia telah mempersembahkan 45 gol.

Kelima | Juan Mata

Pemain Chelsea berikutnya yang berasal dari Spanyol adalah Juan Mata. Pria kelahiran Burgos, Spanyol 28 tahun silam ini memperkuat Chelsea sejak tahun 2011 sampai 2014. Mata diboyong oleh Chelsea dari Valencia dengan harga 23.5 Juta poundsterling. 

Pada musim pertamanya bersama Chelsea ia ikut membantu tim menjuarai trofi Piala FA dan trofi Liga Champions. Dan ditahun yang sama ia terpilih sebagai Club’s Players of the year. Pada bulan Januari 2014, Mata dijual oleh klub ke Manchester United dengan harga yang sangat fantastis yaitu 37 juta poundsterling.

Bersama Chelsea Mata telah membuat total 135 pertandingan dengan sumbangsih 33 gol. 

Keenam | Oriol Romeu
Pemain Spanyol berikutnya yang pernah memperkuat Chelsea adalah Oriol Romeu. Romeu merupakan seorang gelandang bertahan. Sebelum membela Chelsea, ia merupakan pemain Barcelona. Pada Agustus 2011 ia resmi menjadi pemain Chelsea. Pada tahun 2015, Romeu dijual oleh Chelsea keklub Liga Inggris lainnya, Southampton. 

Selama masih berstatus sebagai pemain Chelsea ia sempat beberapa kali dipinjamkan ke klub lain. Pada musim 2013-2014 ia dipinjamkan ke Valencia. Kemudian, musim berikutnya (2014-2015) ia kembali dipinjamkan ke klub Liga Jerman, Stuttgart. 

Untuk Chelsea ia telah bermain dalam 79 pertandingan. Dan berhasil menjaringkan 1 gol. Gol tersebut ia jaringkan saat Chelsea mengalahkan Wolverhampton Wanderers 4-0 dalam lanjutan Piala Liga pada tanggal 25 September tahun 2012.

Ketujuh | Cesar Azpilicueta
Pemuda kelahiran 28 Agustus 1989 ini mulai memperkuat Chelsea sejak tahun 2012. Mantan pemain Osasuna dan Marseille ini resmi berseragam Chelsea pada tanggal 24 Agustus setelah ditebus dengan harga 6.5 juta poundsterling dari klub Liga Perancis, Marseille.

Satu bulan setelah penandatanganan kontrak ia langsung membuat debut utama saat Chelsea berhadapan dengan Wolverhampton Wanderes dalam lanjutan kompetisi Piala Liga. Sejauh ini, Cesar Azpilicueta, telah mencatatkan total 172 penampilan untuk Chelsea dan telah berhasil menjaringkan 3 gol. 

Kedelapan | Diego Costa

Striker yang dikenal agak tempramen ini mulai memperkuat Chelsea pada musim 2014-2015. Mantan pemain Braga dan Atletico Madrid ini dimusim pertamanya berseragam Chelsea langsung mengukir sejumlah prestasi, diantaranya ia berhasil menjadi Top Skor Liga Inggris Musim 2014-2015. Dimusim yang sama pula ia ikut mengangkat trofi Liga Inggris dan Trofi Piala Liga. 

Diego Costa termasuk kedalam deretan pemain-pemain termahal yang pernah dibeli Chelsea. Ia hanya kalah mahal dari harga yang dikeluarkan oleh Chelsea untuk striker asal Spanyol lainnya, Fernando Torres.

Kesembilan | Cesc Fabregas
Mantan pemain Barcelona dan Arsenal ini resmi berseragam Chelsea pada musim 2014-2015. Pemain kelahiran 4 Mei 1987 ini harus ditebus oleh Chelsea dengan harga 26 juta poundsterling dari raksasa Spanyol, Barcelona. Sampai dengan tanggal 20 Maret 2016, ia telah mencatatkan total 88 penampilan untuk Chelsea dan telah berhasil menyumbangkan 10 gol. 

Kesepuluh | Pedro Rodriguez

Pemain Spanyol selanjutnya yang saat ini masih tercatat sebagai pemain Chelsea adalah Pedro Rodriguez. Pada tanggal 23 Agsutus 2015, Chelsea mengumumkan bahwa mereka sudah sepakat dengan transfer Pedro. Sejauh ini (22 Maret 2016) ia telah memperkuat Chelsea dalam 33 pertandingan dan telah mencetak 5 gol. Pada debut pertamanya untuk Chelsea, ia langsung menyumbangkan sebuah gol. 


Kesebelas | Marcos Alonso 
Ini dia pemain Chelsea teranyar yang saat ini tercatat sebagai pemain Chelsea ke-11 yang berasal dari negeri Matador, Spanyol. Pemain kelahiran 28 Desember 1990 ini diboyong Chelsea dari Fiorentina dengan mahar 23 juta Poundsterling. Harga tersebut menjadikannya sebagai bek kiri termahal yang pernah dibeli The Blues.

Marcos memulai kariernya sebagai pesepak bola pada tahun 1999. Saat itu ia tercatat sebagai skuad Real Madrid B. Pada tahun 2010 ia hijrah ke Inggris dan bergabung dengan Bolton Wanderers. Berseragam Bolton hingga tahun 2013, Marcos total mengoleksi total 35 pertandingan dan sukses menjaringkan 5 gol. 
pemain chelsea asal spanyol
Pada bulan Mei 2013, ia dikontrak oleh Fiorentina dengan durasi 3 tahun. Selama berseragam La Viola, ia total telah membuat 85 penampilan dan berhasil menjaringkan 5 gol.

12 | Alvaro Morata
 Akhirnya Chelsea secara resmi mengumumkan kepada publik (Jum'at 21 Juli 2017) bahwa Morata telah resmi menjadi bagian dari skuad the blues. Bahkan ia juga langsung diikut sertakan dalam skuad tour pra musim ke China dan Singapura.

Pemain kelahiran 23 Oktober 1992 ini ditebus oleh Chelsea dari Real Madrid dengan harga yang disebut-sebut mencapai 78 juta poundsterling. Moratta merupakan rekrutan ke-4 Chelsea musim dan yang paling mahal dari 3 rekrutan lainnya. Bahkan harga Morata lebih tinggi dalam sejarah klub (Baca: 10 Pemain termahal yang pernah dibeli Chelsea).

Sekilas Tentang Morata
Álvaro Borja Morata Martín (Spanyol pengucapan: [alβaɾo moɾata]; lahir 23 Oktober 1992) adalah pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai striker untuk Chelsea dan tim nasional Spanyol.

Dia memulai karirnya di Real Madrid, memulai debutnya dengan tim senior pada akhir 2010 dan tampil di 52 pertandingan resmi (11 gol), terutama memenangkan Liga Champions 2014. Dia pindah ke Juventus dengan harga € 20 juta pada tahun 2014, memenangkan ganda domestik Serie A dan Coppa Italia di kedua musimnya sebelum dibeli kembali seharga € 30 juta.
alvaro morata jersey

Morata meraih 34 caps untuk Spanyol di tingkat pemuda, membantu negara tersebut memenangkan Kejuaraan U-21 2013 Eropa. Dia melakukan debut seniornya di tahun 2014, mewakili negara tersebut di Euro 2016.

Well, itu dia 12 pemain Chelsea asal Spanyol baik yang pernah memperkuat Chelsea dan yang masih membela Chelsea sampai saat ini.