Penjaga Gawang Pertama Dalam Sejarah Chelsea

Tahukah anda siapakah nama orang pertama yang menjadi penjaga gawang Chelsea? Sebagai seorang fans Chelsea kita tentu tidak asing dengan nama Carlo Cudicini, Petr Cech, Ashmir Begovic atau Jamal Black Man. Mereka adalah para penjaga gawang yang pernah dan beberapa diataranya masih membela Chelsea sampai sekarang.

Namun jika kita ditanyai siapakah nama penjaga gawang pertama Chelsea, mungkin kita akan sedikit kelabakan menjawabnya. Secara, sebagai salah satu klub yang umurnya udah seabad lebih, menemukan data seputar klub Chelsea tempoe dulu mungkin agak sedikit susah. Apalagi data-data yang berbahasa Indonesia. 

Well, biar gak bingung lagi mari simak ulasan berikut ini tentang penjaga gawang pertama Chelsea. 

Penjaga Gawang Pertama
Penjaga gawang pertama dalam sejarah klub Chelsea bernama William Foulke. Pria kelahiran 12 April 1987 ini semasa hidupnya selain berprofesi sebagai seorang pesepakbola ia juga seorang atlet kriket. Pria setinggi 1.93 meter dan berat badan 152 Kg ini merupakan penjaga gawang yang mulai membela Chelsea pada tahun 1905. Tahun pertama berdirinya klub Chelsea.
William Foulke penjaga gawang chelsea

Foulke pindah ke Chelsea dengan harga 50 poundsterling. Di Chelsea ia hanya bermain selama satu musim. Wikipedia menyebutkan bahwa Foulke merupakan salah satu pemain yang tempramental. Ia tidak segan-segan meninggalkan lapangan jika ia mendapati para bek tidak bermain maksimal.

Karena ukuran badannya yang besar, dan pergerakannya yang agak lambat, klub selalu menampatkan 2 orang ball boy dibelakang gawang. Tujuannya agar jika bola meninggalkan lapangan si ball boy tersebut akan mengambilakan bola untuk Foulke.  

Bersama Chelsea ia telah tampil dalam 34 pertandingan. Dimana saat itu Chelsea masih bermain di Divisi 2. Selain membela Chelsea, penjaga gawang yang meninggal dunia pada tanggal 1 Mei 1916 ini tercatat juga pernah memperkuat Sheffield United dan Bradford City. 

Karir sepakbolanya dimulai pada tahun 1894 hingga 1907. Dalam kurun waktu tersebut ia total telah bermain dalam 355 laga. Laga paling banyak ia lakoni saat masih membela Sheffield United, yaitu 299 laga. Selama karirnya tersebut, ia tercatat telah memenangkan sejumlah trofi yaitu trofi FA Cup pada tahun 1899 dan 1902. Serta juara Divisi Utama pada tahun 1898.