Penjaga Gawang Utama Chelsea Yang Berkontribusi Besar Untuk Tim

Kali ini kita bakal ngomongin beberapa penjaga gawang keren yang pernah memperkuat Chelsea. Dalam sejarahnya Chelsea merupakan salah satu klub yang selalu dihuni oleh para pemain keren yang bermain diberbagai posisi, tidak terkecuali diposisi penjaga gawang. 

Melalui akun resminya, Chelsea pernah merilis sejumlah nama yang disebut sebagai “mantan pemain kunci Chelsea”. Dan dari puluhan nama tersebut terdapat beberapa diantaranya yang bermain pada posisi penjaga gawang.

So, langsung saja, mari kita simak ulasan tentang para penjaga gawang tersebut yang saya terjemahkan dari situs resmi Chelsea. Semoga bermanfaat.


Pertama | William Foulke
Sebenarnya saya sudah pernah membahas secara detail tentang sosok penjaga gawang bertubuh “raksasa” ini. William Foulke merupakan penjaga gawang pertama dalam sejarah sepakbola Chelsea. Ia dibeli oleh Chelsea dari Sheffield United dengan harga 50 poundsterling. 

Baca Juga:
Kedua |  Peter Bonetti
Pemain yang dijuluki “The Cat” ini merupakan salah satu legenda Chelsea. Sepanjang karirnya sebagai penjaga gawang Chelsea, ia total telah bermain sebanyak 729. Angka tersebut menjadikannya sebagai pemain kedua yang paling banyak bermain. Ia kalah dari Ron Harris yang telah bermain untuk Chelsea sebanyak 795 kali.

Peter Bonetti key player
Debut pertama Peter untuk Chelsea ia lakoni pada Maret tahun 1960. Saat itu usianya masih 18 tahun. Dalam laga tersebut ia sukses mencatatkan clean sheet pertamanya dan menandai awal dari 208 clean sheet lainnya selama membela the blues. 4 bulan kemudian setelah debut tadi, ia ikut membantu Chelsea muda menjuarai FA Youth Cup. 

Peter merupakan salah satu pemain kunci dibalik kesuksesan Chelsea pada kurun waktu 1960-an s/d 1970-an. Salah satu penyelamatan gemilangnya saat berhadapan dengan Sunderland menjadi salah satu penyelamatan penting yang kemudian mengantarkan Chelsea promosi ke Divisi Utama pada tahun 1963. 

Ketiga | Ed de Goey
Pemain berkebangsaan Belanda ini merupakan salah satu penjaga gawang Chelsea paling berpengalaman. Ia dibeli oleh Chelsea dari Feyenoord sebagai penjaga gawang berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi. Harga 2.25 juta pondsterling yang harus ditebus Chelsea saat itu menjadikannya sebagai penjaga gawang termahal didalam sejarah persepakbolaan Inggris. 


Ed de Goey tercetat memperkuat Chelsea sejak tahun 1997 hingga 2003. Dalam kurun waktu tersebut ia telah merasakan 179 pertandingan. Dan sukses mengangkat trofi Cup Winner’s Cup, Trofi Piala Liga dan Trofi Piala FA pada musim 1999-2000. Dimusim yang sama pula (1999-‘00) ia sukses memecahkan rekor klub dengan menacatatkan total 59 penampilan dan berhasil membuat 27 clean sheet.

Keempat | Carlo Cudicini

Saat Chelsea harus menghabiskan jutaan poundsterling untuk mendapatkan pemain-pemain berkelas dari berbagai belahan dunia. Ternyata ada seorang pemain yang harganya hanya 160.000 poundsterling. pemain tersebut justru kemudian yang menjadi salah satu yang paling bersinar di Chelsea.

Carlo Cudicini italia

Yups, Carlo Cudicini, merupakan salah satu penjaga gawang terbaik Chelsea yang diboyong dari klub Divisi Ketiga Italia (Serie C). Namun tidak ada yang menyangka, dikemudian hari ia justru menjadi salah satu pemain kunci Chelsea. 

Membela Chelsea dari tahun 1999 sampai 2009, Cudicini total telah mencatatkan 216 penampilan, dan berhasil membuat 98 Cleen Shet.

Pada awal-awal kedatangannya di Chelsea, ia merupakan penjaga gawang nomor 2, sebagai pelapis de Goey. Bahkan ia sempat dipinjamkan oleh Chelsea ke klub lain. Pada pertengahan musim 2000-2001, saat de Goey mulai berkutat dengan cidera, itulah moment dimana Cudicini mulai sering dimainkan. Kesempatan bermain tersebut tidak disia-siakan oleh Cudicini. 

Meski memiliki postur yang pas-pasan untuk seorang penjaga gawang, namun Cudicini dikenal sebagai penjaga gawang yang mampu menyelamatkan bola-bola mematikan. Ia juga dikenal sebagai penjaga gawang yang mampu membaca arah tendangan penalty lawan dengan baik.

Pada tahun 2013, ia terpilih sebagai Chelsea’s Players or The Year. Sebuah anugrah yang diberikan kepada pemain lewat hasil voting yang dilakukan oleh fans Chelsea yang ada diberbagai belahan bumi. Dan, dimusim berikutnya, Cudicini berhasil mendapatan sarung tangan emas (Golden Gloves) sebagai symbol penjaga gawang terbaik di Inggris. 

Kelima | Petr Cech 
Petr Cech merupakan seorang pesepakbola berkebangsaan Republik Ceko. Ia lahir pada tanggal 20 Mei 1982. Saat ini Cech tercatat sebagai penjaga gawang Arsenal dan Kapten bagi Timnas Republik Ceko.

Sebelum akhirnya menjadi salah satu penjaga gawang paling diperhitungkan didunia persepakbolaan. Ternyata Cech awalnya bermain sebagai seorang striker untuk sebuah klub tempatan, Skoda Pizen. Baru beberapa waktu kemudian ia pindah posisi menjadi penjaga gawang. 

Karir Cech sebagai penjaga gawang Chelsea bermula pada awal tahun 2004. Saat itu pelatih Chelsea, Claudio Ranieri, tengah mencari pelapis Carlo Cudicini yang belakangan sering kali cidera. Akhirnya, pilihan sang pelatih asal Italia tersebut jatuh kepada Cech. Saat itu Cech harus ditebus dari Rennes dengan harga 7 juta poundsterling. Harga tersebut menjadikan Cech sebagai penjaga gawang termahal yang pernah dibeli Chelsea. 
Petr Cech republik ceko
Selama berseragam Chelsea, Cech telah tampil dalam 494 penampilan. Angka tersebut menempatkannya diposisi keenam sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah klub. Disampaing itu, ia juga telah merasakan 13 trofi dan sukses mencatatkan namanya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Chelsea.


Untuk informasi lebih lanjut seputar fakta dan rekor Petr Cech saat masih menjadi pemain Chelsea kamu bisa membacanya disini.

Baca Juga: