Sponsor-Sponsor Jersey Chelsea Sebelum Yokohama Tyres

Musim 2015-2016 merupakan musim pertama bagi Yokohama Tyres nangkring didada jersey Chelsea. Setelah sebelumnya posisi tersebut ditempati oleh perusahaan besar asal Korea Selatan, Samsung. Samsung dan saat ini Yokohama Tyres adalah perusahaan kesekian yang nama dan logo perusahaanya dipampang di jersey Chelsea. 
sponsor jersey Chelsea

So far, total ada 9 perusahaan berbeda (dengan 11 merek) pernah menjalin kerjasama dengan Chelsea sebagai sponsor jersey. Dan kesebelas merek itulah yang bakal kita bahas dalam postingan kali ini. Check it out. Mari kita mulai dari yang...
Pertama | Musim 1983-1984
Musim ini merupakan musim pertama bagi Chelsea tampil dengan jersey bersponsor. Dimusim pertama ini Chelsea menggandeng perusahaan maskapai penerbangan Nasional Bahrain, Gulf Air. Gulf Air muncul dijersey Chelsea hanya 5 bulan disisa musim kompetisi 1983-1984. Fakta lainnya dibalik digunakannya sponsor di jersey Chelsea adalah, Chelsea merupakan klub ketiga di Liga Inggris yang memakai jersey bersponsor, setelah sebelumnya Liverpool dan Derby County terlebih dahulu mendapat sponsor jersey. 

Dari kontrak dengan Gulf Air disisa 5 bulan kompetisi, Chelsea mendapat bayaran 150.000 poundsterling. Disamping itu, Chelsea yang masih berlaga di Divisi Championship saat itu, tampil sebagai juara klasmen dan sukses promosi ke Divisi Utama (Premier League).
gulf air sponsor

Kedua | Musim 1986-1987
Dimusim ini, Chelsea tercatat 3 kali melakukan pergantian sponsor dengan barbagai alasan. Adapun sponsor-sponsor tersebut adalah Grange Farm (perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan), Bai Lin Tea (produsen minuman) dan Simod (produsen pakain olahraga).
simod sponsor

Ketiga | Musim 1987 s/d 1993
Perusahaan berikutnya yang muncul dijersey Chelsea adalah Commodore. Commodore merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik dan komputer yang berpusat di Amerika Serikat.


Kontrak sponsor Jersey Chelsea dengan Commodore merupakan salah satu kontrak terpanjang dalam sejarah klub. Selain durasi kontrak yang panjang, kontrak tersebut memecahkan rekor harga sponsor jersey di Inggris saat itu.
Commodore sponsor

Keempat | Musim 1993-1994
Dimusim ini Chelsea masih bermitra dengan salah satu brand dari perusahaan Commodore, Amiga. Musim ini juga merupakan musim terakhir Chelsea berkerjasama dengan Commodore.
amiga sponsor

Kelima | Musim 1994 s/d 1997
Dimulai pada tahun 1994 Chelsea memulai kerjasama dengan salah satu perusahaan beer raksasa asal Amerika Serikat, Coors. Dan berakhir pada tahun 1997.
coors sponsor

Keenam | Musim 1997 s/d 2001
Pasca kerjasama dengan Coors berakhir, Chelsea kemudian menjalin kerjasama dengan perusahaan produsen dan penjual kaca jendela mobik asal Amerika Serikat yang bernama Autoglass.
autoglass sponsor

Ketujuh | muism 2001 s/d 2005
Setelah memecahkan rekor kontrak terbesar untuk sponsor jersey pada tahun 1987. Chelsea kembali melakukan hal yang sama. Kali ini lewat kerja sama dengan maskapai Fly Emirates. Kontrak berdurasi 4 tahun tersebut bernilai 24 juta poundsterling. Fly Emirates adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab.
Baca Juga:
Kedelapan | Musim 2005 s/d 2008 & 2008 s/d 2014
Sponsor jersey selanjutnya adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia yang berbasis di Korea Selatan, Samsung. Perusahaan tersebut tercatat selama 2 periode menjadi sposor jersey Chelsea, yaitu periode 2005 s/d 2008 dan 2008 s/d 2014. 

Pada periode pertama (2005 s/d 2008) kontrak Chelsea dengan Samsung terjalin lewat divisi mobile (handphone) makanya ada tambahan tulisan mobile dibawah tulisan Samsung dijersey Chelsea saat itu. Sedangkan pada priode kedua, Chelsea membuat kontrak dengan perusahaan Samsung secara kolektif.

Dan akhirnya, saat ini Chelsea disponsori oleh perusahaan produsen ban mobil asal Jepang, Yokohama Tyres. Okeh, segini dulu postingan kali ini sampai jumpa dipostingan selanjutnya.