Mantan Pemain Chelsea Yang Berkarir Menjadi Pelatih (Part 1)

Beberapa waktu yang lalu media massa, terutama yang fokus pada pemberitaan sepakbola Liga Spanyol, center membicarakan sosok Gustavo Poyet, mantan pemain Chelsea diera 90-an dan awal 2000-an yang ditunjuk menjadi pelatih Klub Liga Spanyol, Real Betis.

Gus Poyet ditunjuk menjadi pelatih Real Betis setelah pelatih sebelumnya, Juan Merino, disebut akan meninggalkan Betis musim depan. Poyet, dikabarkan bakal melatih Betis selema 2 musim kedepan. 

Nah, Guys, Poyet bukan satu-satunya mantan pelatih Chelsea yang kini menjadi pelatih, lho. Ada puluhan mantan pemain Chelsea yang kini berkarir sebagai pelatih. Beberapa diantaranya menjadi pelatih di Liga-liga besar, ada pula yang melatih klub-klub diliga kecil. 

Dan kali ini, saya pengen ngajak kamu untuk menyimak informasi seputar beberapa mantan pemain Chelsea yang kini menjadi pelatih, kali ini kita bahas 2 dulu ya. Check it out…
Pertama | Steve Clarke
Steve Clarke atau Stephen Clarke merupakan seorang pesepakbola / pelatih berkewarganegaraan Skotlandia. Ia lahir pada tanggal 29 Agustus 1963. Steve Clarke memulai karier sepakbolanya dengan bermain untuk klub St Mirren sebagai seorang pemain bertahan. Pada bulan Februari 1987, ia dijual ke Chelsea dengan harga 422.000 poundseterling. Clarke tercatat membela Chelsea sampai tahun 1998. Selama kurun tersebut ia telah membukukan total 421 penampilan dan berhasil menjaringkan 7 gol. 

Karir Steve sebagai pelatih bermula saat ia ditunjuk menjadi asistent pelatih Newcastle United, Ruud Gullit. Salah satu prestasi terbaiknya saat menjadi asistent pelatih Newcastle adalah saat ia dan Ruud Gullit sukses mengantarkan Newcastle sampai babak final Piala FA pada 22 Mei 1999. 

Saat Jose Mourinho ditunjuk menjadi pelatih Chelsea pada tahun 2004. Steve yang sebelumnya banyak menghabiskan waktu di squad muda Chelsea, mendapat promosi menjadi asistent pelatih Chelsea hingga tahun 2008.
chelsea player
Pada tahun 2008 sampai tahun 2011 ia dipercaya menjadi asistent pelatih West Ham United, yang juga mantan pemain Chelsea, Gianfranco Zola. Kemudian, pada musim 2011-2012, seiring dengan penunjukan Kenny Dalglish sebagai pelatih Liverpool, Steve kemudian dipercakan menjadi asisten pelatih hingga penghujung musim 2011-2012. 

Karier kepalatihan Steve sebagai pelatih utama berawal saat ia dipercaya menjadi pelatih West Bromwich Albion pada musim 2012 s/d 2014. Kemudian pada musim berikutnya (2014-2015) ia dipercaya menjadi pelatih Reading. Pada tanggal 4 Desember 2015 ia dipecat oleh Reading setelah satu tahun bertugas. 
Kedua | Mark Hughes
Mantan pemain Chelsea berkebangsaan Wales ini lahir pada tanggal 1 November 1963. Ia tercatat menejadi pemain Chelsea pada kurun waktu 1995-1998. Mantan pemain Manchester United, Barcelona, Southampton, Everton dan Blackburn Rovers ini saat ini dipercaya menjadi pelatih utama Stoke City. 

Karier Mark Hughes sebagai pelatih bermula saat ia ditunjuk menjadi pelatih Wales pada tahun 1999. Karir kepalatihannya di Wales berakhir pada tahun 2004. Tidak lama kemudian ia dipercaya menjadi pelatih Blackburn Rovers sampat tahun 2008. 

Musim berikutnya (2008-2009) ia ditunjuk menjadi pelatih Manchester City pasca dipecatnya Sven-Goran Eriksson. Saat itu City masih dimiliki oleh mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinwatra. Pada tanggal 19 Desember 2009 ia dipecat oleh Manchester City dan temparnya digantikan oleh Roberti Mancini. 

Pada Juli 2010, Hughes ditunjuk menjadi pelatih Baru Fulham, pasca pelatih mereka, Roy Hodgsun, pindah ke Liverpool. Di Fulham ia menjadi pelatih sampai tahun 2011.
chelsea player
Pada 10 Januari 2012, Hughes, dipercaya menjadi pelatih Queens Park Rangers. Ia dikontrak dengan durasi 2 setengah tahun. Laga pertamanya saat melatih QPR terjadi saat mereka mengalahkan Newcastle United, 1-0. Pada musim panas 2012, QPR melakukan pembelian besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung, mereka mendatangkan sejumlah pemain ternama seperti Kieron Dyer , Ryan Nelsen , Andrew Johnson , Robert Green , Samba Diakite , Fábio , Park Ji - Sung dan Junior Hoilett.

Kariernya sebagai pelatih QPR berakhir pada 23 November 2012 setelah rentetan hasil kurang memuaskan yang diraih oleh QPR.

Kemudian pada 30 Mei 2013, Hughes menanda tangani kontrak berdurasi 3 tahun dengan Stoke City. Kariernya sebagai pelatih Stoke City berjalan mulus, bahakan ia masih tercatat menjadi pelatih sampai musim 2015-2016.
To be continue…