Pemain Chelsea Asal Pantai Gading

Sebelum kita ngomongin Didier Drogba dan Salomon Kalou, mari terlebih dahulu kita simak sekilas info tentang tim sepakbola Pantai Gading. Guys, Pantai Gading, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Ivory Coast. Atau dalam ejaan Afrika dibaca Cote d’Ivoire. Pantai Gading merupakan salah satu kekuatan paling diperhitungkan dalam dunia persepakbolan dibenua hitam, Afrika.

logo timnas pantai gading
Diantara prestasi membanggakan timnas Pantai Gading adalah saat mereka berhasil masuk dalam putran Final Piala Dunia 2006 Jerman. Disamping itu Pantai Gading juga sukses menjadi juara Piala Afrika pada tahun 1992. 13 tahun kemudian atau pada tahun 2015, Pantai Gading kembali merasakan gelar Juara Piala Afrika setelah mengalahkan Ghana lewat adu penalti.

Kesuksesan Pantai Gading pada kurun waktu satu dekade terakhir tidak terlepas dari kontribusi sejumlah pemain, termasuk diantaranya 2 pemain yang pernah memperkuat Chelsea. Siapakah kedua orang tersebut? Simak ulasan berikut.

Pertama | Didier Drogba
Pemain dengan nama lengkap Didier Yves Drogba Tebily ini merupakan salah satu legenda hidup Chelsea. Pria kelahiran 11 Maret 1978 yang saat ini tercatat sebagai striker Montreal Impact ini tercetat memperkuat Chelsea sejak tahun 2004 s/d 2014 dan musim 2014-2015. 

Selama membela Chelsea, Drogba sukses menorehkan sejumlah rekor luar biasa, diantaranya...
  • Drogba sukses mencatatkan dirinya sebagai satu-satunya pemain asing Chelsea dengan torehan gol terbanyak, yaitu 164 gol. 
  • Drogba berhasil menjadi top skor klub sebanyak 4 kali. 
  • Drogba terpilih sebagai pemain Afrika terbaik sebanyak 2 kali, dan itu terjadi saat ia masih berseragam Chelsea.
Drogba pindah ke Chelsea pada musim panas 2004. Ia ditebus Chelsea dengan harga 24 juta poundsterling dari klub asal Perancis, Marseille. Harga tersebut menjadikan Drogba sebagai pemain Pantai Gading termahal dalam sejarah.

Selama berseragam Chelsea, ia telah bermain sebanyak 381 game dan sukses menjaringkan 164 gol. Bersama Chelsea, Drogba telah merasakan berbagai trofy, mulai dari trofi Liga Inggris, FA, Piala Liga, Piala UEFA, Liga Champion dan sejumlah trofi lainnya. 

Kedua | Salomon Kalou
Pemain kelahiran 5 Agustus 1985 ini merupakan pemain Chelsea kedua asal Pantai Gading. Saat di Chelsea, Kalou biasa bermain sebagai winger. Kalou memulai karir sepakbolanya disebuah klub lokal Pantai Gading, Mimosas. Sebelum pindah ke Chelsea, Kalou bermain untuk klub Liga Belanda, Feyenoord. 

Pada 30 Mei tahun 2006 ia resmi menjadi milik Chelsea. Ia disebut-sebut harus ditebus chelsea sebesar 9 juta poundsterling. Gol pertama Kalou untuk Chelsea di Liga Inggris saat Chelsea berhasil mengalahkan Wigan Athletic dalam lanjutan Liga Inggris. Selama berseragam Chelsea ia total telah bermain dalam 251 pertandingan dengan jaringan 60 gol serta 40 assist.
pemain chelsea asal pantai gading