Satu-satunya Eks Chelsea Dalam Jajaran Pelatih Tim EURO 2016

Satu-satunya Eks Chelsea Dalam Jajaran Pelatih Tim EURO 2016. Selalu ada hal yang menarik untuk dibicarakan tentang Chelsea. Sebagai sebuah klub besar, Chelsea, bagi saya tak ubahnya seperti sesosok bintang film yang setiap tindak tanduknya selalu dinanti dan menarik untuk diperbincangkan.

Selain berhasil menempatkan sejumlah pemain dalam sejumlah tim di EURO 2016, Prancis, ternyata ada pula mantan pemain Chelsea yang merupakan pelatih untuk salah satu tim peserta EURO 2016, Prancis. Kamu tau kan siapa orangnya?

Yups, benar sekali, orang yang saya maksud adalah Didiers Deschamps. Sang karateker tim tuan rumah, Prancis. Mari kita simak sekilas informasi tentang pria yang pernah menjadi pemain Chelsea pada musim 1999-2000 ini. 

Karier Sebagai Pemain
Setelah sempat tercatat sebagai pemain rugby, Deschamps akhirnya memulai kariernya sebagai pesepak bola disebuah klub amatir, Aviro  Bayonnais, saat ia masih dibangku sekolah. Potensi yang dimiliki pria kelahiran 15 Oktober 1968 ini akhirnya tercium oleh pencari bakat klub Nantes.

Ia kemudian bergabung dengan Nantes pada tahun 1985. Bersama klub tersebut ia total mencatatkan 111 penampilan dan sukses menjaringkan 4 gol. Pada tahun 1989 ia kemudian pindah ke Klub Liga Prancis lainnya, Marseille. Di Marseille ia mencatatkan total 123 penampilan dan menorehkan 6 gol. Bersama Marseille pula ia memenangkan sejumlah trofi yaitu 2 trofi French Divison dan 1 trofi Liga Champions. 

Tahun 1994, gelandang bertahan ini pindah ke Juventus. Selama 5 tahun berkiprah sebagai pemain Juventus (hingga 1999) ia telah memenangkan 3 trofi Liga Italia, 1 Piala Liga, 2 Italian Supercups dan 1 trofi Liga Champions serta sebuah trofi Intercontenetal Cup. 
didier deschamps chelsea
Karier Di Chelsea
Pada tahun 1999 ia resmi bergabung dalam skuad Chelsea musim 1999/2000. Saat itu Chelsea dilatih oleh Gianluca Vialli. Selama berseragam Chelsea ia ikut dalam skuad yang memenangkan trofi FA Cup. Secara keseluruhan ia berhasil mengoleksi 27 penampilan dan 1 gol.

Karier Sebagai Pelatih
Deschamps memulai kariernya sebagai pelatih hanya beberapa tahun setelah ia mengumumkan pensiun sebagai pensiun. Tim terakhir yang ia perkuat saat itu adalah Valencia. 

Klub pertama yang ia latih adalah Monaco. Di Monaco, Deschamps berhasil meraih sejumlah kejayaan. Diantara yang paling berkasan baginya adalah saat Les Rouges et Blancs (sebutan untuk Monaco) berhasil meraih kemenangan di Piala Liga Prancis. 

Selain itu, rekan seangkatan Marcell Desailly dan Frank Lebouf ini juga sukses mengantarkan Monaco mencapai babak final Liga Champiosn tahun 2004 setelah mengalahkan Chelsea dengan agregat 5-3 di semi-final. Namun sayang, dipartai Final mereka kalah dari tim besutan Jose Mourinho, FC Porto.
didier deschamps marseille

Pasca berhenti sebagai pelatih Monaco, Deschamps akhirnya dipercaya menjadi pelatih Juventus yang saat itu baru saja terdegradasi ke Serie-B karena kasus pengaturan skor. Dan, Deschamps, sukses melakukan tugasnya dengan baik. Juventus pun kembali ke Seria-A setelah menjadi juara Liga Italia Serie-B.

Sebelum akhirnya ia ditunjuk menjadi pelatih Prancis pasca UERO 2012, Deschamps terlebih dahulu menghabiskan waktu lumayan lama bersama Marseille. Memulai kerier sebagai pelatih Marseille pada tahun 2009 ia mengusung misi besar, yakni membawa kembali kejayaan klub yang pernah memberinya 3 gelar Liga dan Liga Champions.

Musim pertamanya di Marseille, Deschamps langsung unjuk gigi, berturut-turut ia memenangkan Ligue 1 dan Piala Liga dimusim pertamanya serta tambahan 2 trofi Piala Liga sebelum akhirnya ia ditunjuk menjadi pelatih timnas Prancis.