Mengenal Isitilah Pengertian GK CF CM CMF CBT DMF RMF CF RB LB LMF SB SMF Dalam Sepak Bola

Arti, Kepanjangan dan Pengertian Istilah  Dalam Tim Sepak Bola. GK, CF, CM, CMF, CBT, DMF, RMF, CF, RB, LB, LMF, SB, SMF. Pada postingan yang sedang kamu baca ini saya ingin mengajak kamu semua untuk mengetahui pengertian, kepanjangan dan arti dari beberapa istilah atau lebih tepatnya singkatan yang biasa digunakan untuk menggambarkan posisi bermain seorang pesepak bola.

Pada umumnya beberapa singkatan yang sering dipakai untuk menggambarkan posisi bermain seorang pesepak bola adalah sebagai berikut:

Pertama | CB (Centre Back atau bek tengah)
Bek tengah adalah bek yang diapit oleh dua bek lainnya yaitu RB (right back) dan LB ( left back). Bek tengah ini tugasnya adalah menghentikan serangan-serangan pemain lawan yang datang dari lapangan tengah. Selain itu bek tengah juga berkewajiban memastikan area kotak penalty bebas dari bola-bola yang berpotensi terjadinya gol.

Jumlah bek tengah ini bervariasi tergantung formasi yang digunakan. Jika sebuah klub menggunakan formasi 4-4-2 misalnya, maka selalunya bek tengah menjadi 2 orang dan masing-masing satu RB dan satu LB. sementara jika formasi yang digunakan adalah 3-5-2 (misalnya) maka otomatis hanya akan ada satu bek tengah namun dapat dibantu oleh gelandang bertahan

istilah RMF CF RB LB LMF SB SMF
Di Chelsea sendiri pemain yang biasa bermain diposisi ini (centre back) adalah Jhon Terry, Kurt Zouma, Matt Miazga dan beberapa pemain lainnya. Sebagai fans Chelsea kalian tentu paham lah ya, begimana Jhon Terry Cs. dengan sangat kerenya menjaga area kotak penelati Chelsea.

Kedua | Wing Back (RB-Right Back & LB-Left Back)
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, RB dan LB merupakan bek sayap yang mengapit CB (bek tengah). Tugas dari RB dan LB pada prinsipnya sama dengan tugas CB yaitu mencegat pergerakan pemain lawan yang berpotensi menciptakan gol. Namun, RB dan LB fokus pada pemain-pemain lain yang membangun serangan dari bagian sayap dan berkemungkinan melepaskan umpan crossing. 

Dalam formasi tertentu RB dan LB juga dapat membantu mensuply bola kepada winger atau gelandang. 

Di Cheslea, pemain yang biasa menempati post ini adalah Ashley Cole, Cesar Azpilicueta, Brainslaf Ivanovic dan beberapa pemain lainnya. 

Ketiga | DMF (Defensife Midfielder atau gelandang bertahan)
Singkatan berikutnya yang sering digunakan dalam istila sepak bola adalah DMF atau bahasa Indonesianya Gelandang Bertahan. DMF ini merupakan tipikal pemain yang bermain ditengah lapangan namun DMF ini bermain agak kebelakang. Jika sewaktu-waktu pemain belakang membutuhkan bantuan maka DMF ini akan turun untuk membantu. Disamping itu, DMF juga bertugas mensuply bola kepada striker untuk dikonfersi menjadi gol.

N’Golo Kante adalah tipikal pemain yang biasa bermain diposisi DMF. Selain Kante, Chelsea juga punya Nemanja Matic, John Obi Mikel, Willian, Bertrand Traore dan Kenedy. 

Keempat | CMF (Center Midfielder atau gelandang serang)
Jika DMF bermain agak kebelakang yang sewaktu-waktu bertugas membantu pertahanan, maka CMF justru sebaliknya. Pemain diposisi ini bermain agak kedepan, dimana salah satu fungsinya adalah menyusun serangan. Selain itu CMF juga memiliki potensi besar untuk menciptakan gol kegawang lawan. 

Eden Hazard, Oscar, Pedro, dan Frank Lampard adalah beberapa pemain Chelsea yang biasa mendapat peran sebagai CMF. So, jangan heran jika Frank Lampard, Hazard bahkan Oscar adalah beberapa CMF Chelsea yang rajin membobol gawang lawan. 

Bahkan pada musim 2013-2014 jumlah gol yang dicetak para CMF Chelsea jauh lebih banyak dari yang berhasil dijaringkan oleh para striker. Wajar aja sih, pasalnya gelandang-gelandan Chelsea memang haus gol. 

Kelima | RMF dan LMF ( rirht midfielder dan left midfielder)
Pernah dengar istilah winger gak? Nah, RMF dan LMF ini adalah pemain yang disebut juga winger. Kamu pasti udah taulah ya kalu RMF dan LMF ini fungsinya apa. Yups, benar banget, RMF dan LMF secara umum memiliki fungsi mensuply bola kepada striker melalui sisi mereka masing-masing. Umpan-umpan yang biasa mereka lepaskan dikenal dengan istilah UMPAN CROSSING. Sering banget gol terjadi berkat assits dari para pemain sayap ini.

Cesc Fabregas, Ramires, Arjen Ruben, Demian Duff adalah beberapa pemain (dan mantan pemain Chelsea) yang merupakan spesialis RMF dan LMF.

Keenam | CF (Centre Forward)
Ini dia mesin gol klub-klub sepak bola. CF atau bahasa awam dikenal dengan istilah striker adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk menciptakan gol. Striker merupakan individu yang gesit, pandai melewati pemain lawan, punya skill penyelesaian yang bagus serta mampu berlari cepat. 

Chelsea memiliki para penyerang dengan kualifikasi ideal yang harus dimiliki. Sosok Didier Drogba, Nicholas Anelka, Diego Costa, Fernando Tores, Loic Remy, Demba Ba dan beberapa bintang Chelsea lainnya, merupakan para striker yang sudah teruji dan memiliki naluri mencetak gol yang tinggi. 

Ketujuh | GK (goal keeper atau penjaga gawang)
Untuk yang satu ini sepertinya gak perlu ulasang panjang lebar lagi ya, secara kita semua udah pahamlah apa tugas dan fungsi penjagawa gawang. The blues sendiri memiliki deretan penjaga gawang top sepanjang sejarah klub. Carlo Cudicini, Petr Cech, Thibaut Coutois adalah nama-nama penjaga gawang utama Chelsea yang tercatat sebagai palang pintu terakhir Chelsea diera kepemilikan Roman Abramovich.