Mantan Pemain Chelsea Yang Berkarier Sebagai Pelatih (Part 2)

Melanjutkan kembali artikel yang udah lama banget menganggur tentang Mantan Pemain Chelsea Yang Berkarier Sebagai Pelatih. Well, beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah membuat artikel tentang mantan pemain Chelsea yang kini bekerja sebagai pelatih. Bagi yang belum mebacanya silakan membaca disini. 
Dan berikut adalah mantan pemain Chelsea lainnya yang kini bekerja sebagai pelatih…

Ketiga | Roberto Di Matteo
Tidak banyak pesepak bola yang sukses sebagai pemain dan pelatih di klub yang sama. Hanya ada beberapa pesepak bola saja yang mampu melakukannya. Yang teranyar adalah Zinadine Zidane. Pria asal Prancis tersebut sukses mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Real Madrid sebagai pelatih dan ia pun pernah melakukan hal yang sama saat ia masih tercatat sebagai pemain Los Blancos.

Jika Madrid punya Zidane, maka Chelsea patut berbangga karena memiliki Roberto Di Matteo. Yups, Di Matteo adalah mantan pemain Chelsea dalam rentang waktu 1996 s/d 2002. Serta ia pernah menjabat pelatih utama Chelsea pada sisa musim 2011/12 hingga awal musim 2012/13.

Karier Sebagai Pemain

Sebagai seorang pemain, ia memulai karier seniornya diklub Schaffhausen dari tahun 1988-1991. Kemudian Di Matteo menghabiskan satu musim bersama Zurich. Pada musim 1992-1993, Pria Italia ini mencatatkan dirinya sebagai pemain Liga Swiss untuk klub Aarau. 

Pada tahun 1993 hingga 1996 Di Matteo menorehkan total 87 penampilan bersama klub Italia, Lazio. Pria yang saat ini ditunjuk menjadi Pelatih Aston Villa ini kemudian memilih menjadi pemain Chelsea. Ia berseragam biru hingga tahun 2002. Selama memperkuat the blues Di Matteo telah mengantongi 119 penampilan dan sukses menjaringkan 26 gol. 

Lebih kurang 7 tahun berkkiprah sebagai Stamford Bridge Member, Di Matteo total telah merasakan sejumlah trofi bergengsi, yaitu…
  • 2 Trofi FA Cup: 1996–97, 1999–2000
  • 1 Trofi Football League Cup: 1997–98
  • 1 Trofi FA Charity Shield: 2000
  • 1 Trofi UEFA Cup Winners' Cup: 1997–98, dan
  • 1 Trofi UEFA Super Cup: 1998
Karier Sebagai Pelatih
Di Matteo memulai kariernya sebagai pelatih ketika ia ditunjuk sebagai pelatih klub League One (Divisi 3 Liga Inggris) MK Dons, menggantikan Paul Ince. Dalam karier kepelatihan pertamanya itu Di Matteo berhasil mengantarkan klub finish diurutan ke-3 klasmen. Namun akhirnya mereka gagal promosi ke divisi Championship karena kalah dibabak kualifikasi semifinal. 

Pada Juni 2009 Di Matteo ditunjuk menjadi pelatih West Bromwich Albion, setelah klub tersebut dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship. Dimusim pertamanya menjadi pelatih WBA, Di Matteo berhasil membawa klub kembali promosi ke Liga Utama Inggris.

Di Matteo mengakhiri kariernya sebagai pelatih WBA pada bulan Februari 2011. Ia mencatatkan 83 penampilan sebagai pelatih WBA dengan rincian 40 kemenangan 19 kali seri dan 24 kekalahan.
pelatih chelsea asal italia
Menjadi Pelatih Chelsea
Pada musim 2011/12 Roberto Di Matteo diumumkan kepada publik Stamford Bridge bahwa ia secara resmi ditunjuk menjadi asistent pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas (AVB). Singkat cerita, Setelah melewati rangkain hasil yang kurang memuaskan, AVB pun dipecat. Dan pada tanggal 4 Maret 2012, Roberto Di Matteo resmi ditunjuk menjadi carateker Chelsea menggantikan AVB.

Banyak pihak menyebutkan bahwa Roberto Di Matteo merupakan salah satu pelatih interim paling sukses dalam sejarah sepak bola Chelsea, bahkan di Liga Inggris. Diakhir musim 2011/2012 Di Matteo sukses mempersembahkan 1 trophy Piala FA dan 1 Trophy Liga Champions untuk Chelsea. 

Keberhasilannya sebagai pelatih sementara membuat manajemen Chelsea memberikannya kontrak permanen berdurasi 2 tahun. Namun rentetan hasil kurang memuaskan yang didapat Di Matteo membuat manajemen klub memutuskan untuk memberhentikan sang pelatih dan menggantinya dengan Rafael Benitez.
roberto di matteo chelsea
Tidak menunggu lama pasca dipecat Chelsea, Di Matteo kembali mendapat tawaran melatih. Kali ini dari klub Liga Jerman, Schalke 04. Pada tanggal 7 Oktober 2014 Di Matteo diumumkan kepada public bahwa ia resmi ditunjuk menjadi pelatih Schalke 04 menggantikan Jens Keller.

Keputusan Di Matteo berkarir di Bundesliga (Liga Jerman) menjadikannya sebagai pelatih asal Italia ketiga yang melatih di Liga Jerman setelah sebelumnya Giovanni Trapattoni dan Nevio Scala terlebih dahulu berada disana. Selama menjadi juru taktik Schalke 04 ia telah mencatatkan total 33 penampilan dengan torehan 14 kemenangan 7 hasil seri dan 12 kali kalah.

Well, segini dulu artikel tentang Mantan Pemain Chelsea Yang Berkarier Sebagai Pelatih, Part 2. Sampai ketemu dipart ke-3