Mengenal Para Caretaker Manager Chelsea

Mengenal Para Caretaker Manager Chelsea. Maksud dan Pengertian CARETAKER MANAGER Dalam Sepak Bola. Selama diambil alih oleh taipan minyak asal Rusia -Roman Abramovich- pada tahun 2003, Chelsea dikenal sebagai salah klub yang rajin melakukan pergantian pelatih, bahkan Chelsea tidak segan-segan memecat sang palatih “ditengah jalan”.

Chelseapedia.net mencatat, dari musim 2002/2003 hingga musim 2015/2016, Chelsea total telah ditangani oleh 10 pelatih kenamaan, dengan durasi melatih yang berbeda-beda. Pelatih-pelatih tersebut ada yang menghabiskan waktu sampai 3 musim di Stamford Bridge adapula yang harus kehilangan jabatannya dalam waktu 5 bulan pertama.

Pengertian Caretaker Manager
Dalam dunia persepakbolaan yang disebut dengan Caretaker Manager adalah seseorang yang memegang jabatan pelatih pada waktu tertentu, dikarenakan pelatih (yang seharusnya) telah dipecat, pindah ke klub lain atau sedang dalam keadaan kurang sehat sehingga tidak bisa berada ditepi lapangan untuk mendampingi tim.
Guus Hiddink pelatih chelsea
Biasanya orang yang ditunjuk sebagai Caretaker Manager adalah asisten pelatih, atau pemain-pemain yang memiliki jam terbang tinggi. Dalam cabang olah raga lain, Carateker Manager dikenal juga dengan istilah PELATIH INTERIM.

Caretaker Manager Chelsea
Melihat kempali pada paragraf-paragraf awal, seringnya Chelsea memecat pelatih ditengah musim berjalan berakibat kepada lahirnya para Caretaker Manager di Stamford Brdige. Kita lihat saja mulai tahun 2003 sampai 2016, Chelsea total telah menggunakan jasa Caretaker Manager sebanyak 5 kali. 2 diataranya merupakan orang yang sama. Keempat Caretaker Maneger tersebut adalah…

Pertama | Avram Grant

Pria israel ini ditunjuk menjadi juru taktik sementara Chelsea setelah menejer sebelumnya (Jose Mourinho) dipecat. Ia menjadi pelatih interim Chelsea sejak bulan September 2007 hingga Mei 2008. Meski hanya pelatih sementara, Grant mampu membawa Chelsea mencapai partai final Liga Champions. Meskipun kalah dari MU, namun berlaga dipartai final Liga Champions merupakan yang pertama (saat itu) sepanjang sejarah klub yang telah berdiri sejak tahun 1905 ini.

Kedua | Guus Hiddink (2008/09 dan 2015/16)
Mantan Pelatih Korea Selatan ini mencatatkan dirinya sebagai Caretaker Manager Chelsea sebanyak 2 kali. Pertama pada Bulan Februari 2009 hingga 30 Mei 2009. Saat itu pria asal Belanda ini masuk menggantikan pelatih Asal Brasil, Luiz Felipe Scolari. Dalam kesempatan pertamanya menjadi pelatih interim Chelsea, pria yang juga pernah menjadi pelatih Timnas Rusia ini berhasil mempersembahkan trophi Piala FA untuk Chelsea.

6 tahun kemudian, Hiddink kembali lagi ke Stamford Bridge masih dengan tugas yang sama. Kali ini ia menjadi pelatih interim Chelsea menggantikan the special one, Jose Mourinho, yang dipecat oleh Chelsea pada tanggal 17 Desember 2015. Di akhir musim, pria asal Belanda ini membawa Chelsea finish diurutan ke-9 setelah pada awal-awal musim sempat terseok-seok didasar klasmen.

Ketiga | Roberto Di Matteo

Mungkin ini adalah satu-satunya pelatih interim tersukses dalam sejarah Chelsea, bahkan di Liga Inggris sekalipun (bisa jadi). Bayangkan saja, baru 4 bulan ditunjuk menjadi pelatih sementara Chelsea, pria Italia ini langsung mempersembahkan 2 trophy untuk the blues. 

Tidak tanggung-tanggung, salah satu trophy yang ia persembahkan (selain trophy FA Cup) adalah trophy yang belum mampu dibersembahkan oleh para pelatih Chelsea sebelumnya, yaitu trophy Liga Champion pada tahun 2012.

Keempat | Rafael Benitez
Caretaker Manager terakhir yang pernah menangani Chelsea adalah mantan pelatih Liverpool, Rafael Benitez. Pria ini ditunjuk untuk menjadi pelatih sementara Chelsea setelah dipecatnya Roberto Di Matteo. Benitez memulai tugasnya sebagai pelatih interim Chelsea pada tanggal 21 November 2012 hingga 27 Mei 2012. 

Selama menduduki kursi warisan Di Matteo, pria yang juga pernah melatih Valencia ini berhasil mempersembahkan trofi Liga Eropa 2013 dan membawa Chelsea finish diperingkat ke-3 klasmen Liga Inggris.

Well, segini dulu informasi kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan shere artikel ini. terimakasih.