FAQ: Pemain Pinjaman Loan Player


pemain pinjaman chelsea

FAQ: Pemain Pinjaman Loan Player. Beberapa pekan terakhir banyak banget yang nanya ke Chelseapedia terkait pemain pinjaman. Pertanyaan yang munculpun beraneka ragam, diantaranya ada yang nanyain “siapa yang bakal menggaji si pemain pinjaman?” ada juga yang bilang… “doi kan baru dibeli, kenapa langsung dipinjemin?” kemudian banyak juga yang masih bingung, dan bertanya seperti ini “kenapa Chelsea banyak banget minjamin pemain ke klu-klub lain?”

Well, pertanyaan-pertanyaan tersebut bakal chelseapedia jawab satu persatu sejauh yang chelseaedia tau berdasarkan bacaan-bacaan dari sumber yang dapat dipercaya.

Jadi gini, sebelum kita jawab pertanyaan yang sering banget ditanyain tadi mari kita pahami dulu apa yang disebut dengan istilah “pemain pinjaman”. So, yang disebut dengan pemain pinjaman adalah pemain-pemain yang menghabiskan sejumlah waktu untuk bermain diklub lain selain dari klub yang sudah mengontrak si pemain. 

Durasi Peminjaman?
Pemain-pemain pinjaman dapat dipinjamkan sesuai dengan kesepakatan antara klub peminjam dan yang meminjam. Biasanya peminjaman pemain bisa berlangsung dalam waktu lama (Juan Cuadrado misalnya, dipinjamkan Chelsea ke Juventus selama 3 musim) atau bisa juga hanya beberapa bulan saja. 

Kenapa Dipinjamkan?
Ada beberapa pertimbangan kenapa seorang pemain dipinjamkan oleh klub. Berikut beberapa alasan kenapa seorang pemain sepak bola dipinjamkan:
  • UNTUK MENDAPATKAN PELUANG BERMAIN DITIM UTAMA. Sebagai contoh, salah satu bek muda Chelsea asal Amerika, Matt Miazga, saat ini tengah menjalani masa peminjaman diklub Belanda, Vitesse, sang pemain dipinjamkan Chelsea agar mendapat kesempatan bermain lebih banyak ditim utama, mengingat kemungkinan Matt mendapat kesempatan bermain di tim utama Chelsea sangat kecil. Apalagi semenjak Chelsea kedatangan David Luiz dan Marcos Alonso. 
  • DIPINJAMKAN KARENA ALASAN PRIBADI. Dalam beberapa kejadian adapula pemain yang dipinjamkan (bahkan dijual) karena adanya ketidak cocokan antara si pemain dengan pelatih. Diantara yang masih segar diingatan kita adalah  ketidak cocokan antara Mario Balotteli dengan pelatih Liverpool yang membuat si super Mario harus menjalani masa peminjaman ke AC Milan.
  • UNTUK MENGURANGI BEBAN FINANSIAL KLUB. Banyak juga klub-klub besar Eropa yang lebih memilih meminjamkan para pemain mereka karena alasan penghematan. Gak usah jauh-jauhlah, Chelsea misalnya. Yups, the blues sangat terbentu dari segi finansial (selain terbantu dari segi pengalaman bagi si pemain) ketika meminjamkan para pemainnya ke klub lain. Pasalnya, untuk gaji dan kebutuhan si pemain Chelsea tidak perlu lagi mengeluarkan biaya, karena sudah menjadi tanggungan klub yang meminjam.  Dalam kasus tertentu, klub peminjam juga perpotensi mendapatkan pemasukan dari hasil meminjamkan pemain tadi.
Gaji Pemain?
Seperti yang udah sedikit saya singgung diatas, tata cara pembayaran gaji para pemain pinjaman terbagi dalam beberapa bentuk, tergantuk kesepakatan antara klub peminjam dan yang meminjam. Berikut beberapa model pembayaran gaji pemain pinjaman:
  1. DITANGGUNG KLUB YANG MEMINJAM.
  2. DITANGGUNG KLUB ASAL.
  3. DITANGGUNG OLEH KEDUA KLUB (SHERING).
Tambahan
Guys, pemain pinjaman juga berfungsi sebagai ajang "testing" bagi klub yang meminjam. Artinya, dalam kesepakatan tertentu ada klausul yang menyebutkan bahwa klub yang meminjam diperbolehkan/berpotensi untuk membeli si pemain pinjaman secara permanen pada akhir masa peminjaman jika klub yang meminjam merasa cocok dengan kinerja sang pemain. Sebagai contoh, Mohammad Salah, mantan gelandang Chelsea yang kini telah resmi menjadi pemain AS Roma.